Surga Air Terjun Sri Gethuk Di Kabupaten Gunungkidul

Seperti slogan “Jogja Istimewa”, kali ini Gunungkidul juga sangat istimewa. Pasalnya di tengah julukan Gunungkidul sebagai kabupaten terkering dan susah air bersih di saat musim kemarau., justru terdapat sebuah air terjun alami dan sangat indah. Yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Anda tentu sudah pernah mendengarnya bukan?

Air Terjun Si Gethuk, Grand Canyon-Nya Gunungkidul

Bagi Anda yang bercita – cita ingin Ke Amerka Serikat dan berniat mengunjungi Grand Canyon, maka Anda bisa mengurungkan impian Anda tersebut. Sekarang Anda bisa menikmati replika alami dari Grand Canyon Amerika Serikat yaitu dengan bertandang ke Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Bleberan yang berlokasi di Kecamatan Playen.

Wisata air terjun di Jogja yang satu ini tidaklah bersifat musiman seperti air terjun yang lain, namun airnya tetap mengalir sepanjang waktu. Di sini Anda bisa menikmati aliran air Sungai Oyo yang hijau yang dihiasi oleh batuan – batuan sungai yang simetris mirip dengan Grand Canyon. Air Terjun Sri Gethuk yang memiliki ketinggian 5 – 8 meter ini mengalir indah membelah tebing – tebing tinggi di sekitarnya. Apalagi di tambah dengan pemandangan pohon – pohon hijau yang asri, pemandangannya pun semakin cantik.

Harga Tiket Di Wisata Sri Gethuk

Siapa yang bilang jika harga tiket di sini mahal ? Anda hanya di pungut biaya sebesar 9000 rupiah saja, ini pun sudah termasuk biaya parkir. Harga tersebut merupakan harga yang sangat murah. Jadi jika Anda ingin menuju Air Terjun Sri Gethuk, Anda bisa berangkat dari Kota Jogja yang hanya berjarak sekitar 36 km saja sehingga Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Selagi Anda di sini, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak bermain air. Oleh karena itu, Anda bisa menyewa perahu seharga 10. 000 rupiah per orang atau menyewa ban karet seharga 5.000 per orang. Jika Anda beruntung, Anda pun bisa mendengar suara gemericik air bercampur suara gamelan yang menurut masyarakat Bleberan sangat ghaib. Menurut kepercayaan setempat, suara tersebut adalah suara musik gamelan yang dimainkan oleh Jin Anggo Medura, penunggu air terjun Sri Gethuk.