Air Terjun Seribu Batu, Air Terjun Tersembunyi Di Kawasan Giriloyo

Kabupaten Bantul memang tidak pernah sepi dari munculnya berbagai potensi wisata alam yang baru. Kondisi alam Kabupeten Bantul yang sangat beragam mulai dari dataran rendah hingga pegunungan berhasil memunculkan obyek wisata baru yang cukup menjanjikan dan layak untuk Anda kunjungi. Kali ini Kabupeten Bantul meresmikan wisata barunya di kedalaman Hutan Giriloyo, Air Terjun Seribu Batu.

Air Terjun Seribu Batu, Tersembunyi Di Hutan Imogiri

Siapa yang menyangka jika di daerah Giriloyo yang merupakan makam Raja – Raja Mataram Jawa ini memiliki air terjun yang sangat menggoda untuk ciblon ? Wisata air terjun di Jogja ini termasuk unik karena namanya sendiri, yaitu seribu batu. Tentu Anda penasaran kenapa dinamai demikian ? Ini dikarenakan bebatuan – bebatuan yang berada di sekitar air terjun yang sangat banyak ini berasal dari Letusan Gunung Api Purba Nglanggeran dan tidak bisa dihitung jumlahnya, sehingga dinamakan seribu batu.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Imogiri, di dekat kawasan timur Hutan Giriloyo, tepatnya di Desa Cengkehan. Hal ini juga menyebabkan Air Terjun Seribu Batu ini juga disebut warga sebagai Air Terjun Cengkehan atau Curug Watu Sewu. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter ini ternyata cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jika Anda sedang berada di pusat Kota Jogja, maka tak ada salahnya jika anda mencoba untuk bermain di Curug Watu Sewu ini. Jarak kota jogja dengan air terjun ini cukup singkat yaitu hanya memakan waktu satu setengah jam saja jika menggunakan sepeda motor. Sebelum anda sampai di lokasi, Anda harus menitipkan sepeda motor di parkiran yang berada di bawah bukit lantas harus berjalan sekitar 15 menit lagi untuk sampai di air terjunnya.

Pesona Air Terjun Seribu Batu

Untuk bisa memasuki wisata Air Terjun Seribu Batu ini Anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja. Di air terjun ini Anda bisa mendapati kolam dengan kedalaman 1 meter yang bisa digunakan untuk berenang, batu- batu cadas yang eksotis, serta suasana alam yang masih tenang dan sangat asri.

Namun Anda harus berhati – hati jika berjalan di sini karena batu cadas yang ada biasanya sangat licin. Air terjun ini pun juga dipercayai bisa membuat awet muda dan mengawetkan hubungan rumah tangga. Jadi, bagaimana menurut Anda ?