Air Terjun Randusari, Surga Ciblon Dari Bantul

Bagi Anda yang gemar sekali travelling maka Anda harus mencoba untuk menjelajahi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun jika ke Yogyakarta dan hanya ke Malioboro atau Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul , rasanya kurang seru bukan ? Oleh karena itu Anda bisa mencoba obyek wisata terbaru di Bantul ini, yaitu Air Terjun Randusari.

Lokasi Air Terjun Randusari

Mengapa dinamai dengan Randusari ? Menurut penuturan orang sekitar, nama Randu diambil dari pohon randu yang ada di depan air terjun ini. Itulah sebabnya mengapa air terjun ini disebut Randusari. Jika sekarang Anda berada di Kota Yogyakarta, maka Anda bisa langsung menuju tempat ini karena jaraknya tidak jauh yaitu hanya sekitar 25 – 30 km saja. Jika Anda menggunakan sepeda motor maka Anda hanya memerlukan waktu sekitar satu setengah jam saja.

Air Terjun Randusari yang terletak di Desa Rejosari  ini cukup dekat dengan kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici yang memang sama – sama terletak di Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul. Sebelum Anda bisa menikmati dinginnya air di Randusari, Anda harus berjalan kaki ke lokasi namun jaraknya tidaklah terlalu jauh yaitu sekitar 200 meter.

Pesona Tersembunyi Air Terjun Randusari

Setelah sampai di sini, rasa lelah Anda akan segera terbayar. Hijaunya air yang berasal dari bagian atas setinggi 15 meter mengalir dengan derasnya. Dahulu air terjun ini hanya dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan konsumsi saja. Namun seiring berkembangnya pariwisata masyarakat sekitar mulai menyadari potensi keindahan Air Terjun Randu Sari sehingga dibuat lokasi wisata.

Di sini, Anda bisa ciblon (berenang) dengan air yang dijamin bersih sampai puas. Bahkan Anda juga bisa melihat dasar kolam dengan kedalaman 3 meter karena airnya yang biru jernih. Bahkan di musim kemarau, air terjun ini tidak akan kering karena sejatinya Air Terjun Randusari bukanlah air terjun musiman. Wisata Air Terjun di Jogja ini cukup ramai di kunjungi oleh wisatawan asli Jogja bahkan hingga luar Jogja.

Untuk fasilitasnya  sendiri cukup lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi, tempat ibadah, hingga warung makan. Untuk memasuki obyek wisata ini pun cukup murah. Bagi Anda yang hobi berselfi maka Anda juga bisa berfoto di sini karena pemandangannya yang cukup instagramable.