Air Terjun Perawan Sidoharjo, Surga Tersembunyi Di Samigaluh, Kulonprogo

Kota Yogyakarta memang pantas di sebut sebagai Kota Pariwisata. Selain kabupaten bantul dan Gunungkidul yang terus berinovasi dengan memunculkan objek wisatanya yang baru, kini Kabupaten Kulonprogo juga berhasil menemukan objek wisata air terjun di Jogja yang baru yaitu Air Terjun Perawan Sidoharjo. Pernahkah Anda mendengar air terjun ini ? Jika belum simak penjelasan di bawah ini.

 

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Perawan Sidoharjo

Dari nama objek wisatanya saja, Anda sudah bisa menebak jika wisata ini berada di daerah Sidoarjo. Lebih tepatnya air terjun ini berada di Kecamatan Samigaluh, wilayah timur Kulonprogo. Jarak lokasi ini dengan pusat Kota Jogja tidaklah terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 29 km atau setara dengan 1 jam perjalanan. Agar perjalanan Anda lebih mudah dan nyaman, lebih baik anda melewati Jalan Godean saja.

Air Terjun Perawan Sidoarjo ini terletak di barisan Bukit Menoreh. Jika dilihat dari kondisi alam Kulonprogo yang sebagian masuk ke dalam barisn Bukit Menoreh ada baiknya anda menggunakan sepeda motor saja jika hendak mengunjungi air terjun ini. Medan yang menanjak dan berkelok juga menjadi faktor mengapa Anda lebih baik menggunakan sepeda motor.

Keindahan Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo atau yang lebih dikenal dengan Curug Sidoharjo termasuk obyek wisata yang baru serta belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Hal inilah yang menyebabkan terdapatnya kata “perawan” pada nama air terjun ini. Di sini pun Anda juga bisa melihat lokasi wisata yang sangat bersih dan masih asri, sehingga sangat cocok untuk merilex-kan pikiran yang penat.