Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Air Terjun Terbaru Di Gunungkidul

Berbicara Tentang Keindahan Kabupaten Bantul memang tidak ada habisnya. Kali ini Bantul kembali mempromosikan air terjun yang sangat unik, yaitu Air Terjun Tuwondo atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan Curug Tuwondo.

Keindahan Alami Air Terjun Tuwondo

Tempat wisata di Jogja yaitu air terjun memang tidak pernah sepi untuk dikunjungi. Setiap tahunnya selalu saja Muncul Wisata Air Terjun Yang Baru, Termasuk Air Terjun Tuwondo Ini. Nama Tuwondo sendiri tidak hanya asal nama, melainkan sesuai dengan kontur dari air terjun ini sendiri. Tuwondo berasal dari kata “watu” yang berarti “batu” dan “ondo” yang berarti “tangga”. Jika digabungkan berarti tangga yang berbatu, sesuai dengan air yang mengalir melewati tangga yang berbatu – batu ini setinggi 3 – 5 meter di setiap tangganya.

Jika hendak mengunjungi Air Terjun Tuwondo, sebaiknya Anda mengunjungi wisata ini saat musim penghujan karena airnya akan melimpah dan deras. Air terjun ini merupakan air terjun musiman sehingga akan berbeda penampilan saat musim kemarau. Di musim kemarau, debit air di lokasi ini bisa berkurang bahkan bisa hilang.

Disekitar air terjun ini banyak sekali tumbuh semak belukar dan pohon jati sehingga suasana sangat tenang dan sejuk. Untuk airnya sendiri memang tidak cukup jernih seperti wisata air yang lain, namun jangan khawatir air di sini masih sangat baik dan tidak tercemar. Kondisi air yang tidak jernih ini disebabkan karena endapan tanah di atas air terjun yang tidak ikut dengan aliran air.

Perjalanan Ke Lokasi Air Terjun Tuwondo

Bagi Anda yang berada di Jogja jangan khawatir karena lokasi Air Terjun Tuwondo ini cukup dekat, yaitu sekitar 1 jam saja. Lokasinya yang berada di Desa Lemah Abang tepatnya di Kecamatan Piyungan Bantul sangat mudah diakses oleh Google Maps. Bahkan jika Anda berada di Kota Wonosari akan lebih mudah.

Saat Anda hendak ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan atau menggunakan sepeda. Sebagian wisatawan yang datang berkunjung menggunakan sepeda gunung atau pun onthel. Untuk Memasuki Air Terjun Tuwondo ini Anda tidak perlu membayar tiket alias gratis, hanya cukup membayar parkiran sebesar 2000 rupiah saja.