Benarkah iPhone 6S Anti Air ?

Ketika diluncurkan, banyak yang menyebutkan bahwa iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dibuat anti air. Benarkah demikian ?

Dilansir dari laman KompasTekno, Ifixit pun akhirnya mencoba untuk mengungkap kebenaran tersebut dengan mengumpulkan bukti-bukti, yaitu dengan cara membongkar iPhone 6S. Dari pembongkaran tersebut, ditemukanlah sebuha bahan misterius mirip perekat yang melingkari bagian layar iPhone tersebut.

Benarkah IPhone 6S Anti Air

Meski mirip perekat, akan tetapi setelah ditelusuri fungsi bahan itu pun masih belum jelas. Diketahui, memang layar iPhone 6S melekat erat pada bodi menggunakan skrup sehingga memang benar adanya jika bahan yang melingkari layarnya tersebut bukanlah berfungsi sebagai bahan perekat.

Akan tetapi, dapat disimpulkan bahwa bahan tersebut merupakan penahan air jika kita melihat pada pengajuan paten Apple terkait teknologi anti air. Jika dilihat secara seksama, bahan itu pun mirip seperti sebuah kemasan yang mencegah air masuk.

Yang menarik, Apple ternyata tidak hanya tambahan perekat pada celah layar tersebut, tetapi juga memperluas ukuran bagian tepi ponsel dari yang sebelumnya berukuran 1,89 mm menjadi 2,221 mm yang tentunya agar bahan perekat itu lebih mudah diselipkan.

Beberapa waktu lalu, banyak yang telah mencoba menguji iPhone 6S dengan cara mencelupkannya ke dalam air untuk membuktikan kebenaran kabar tersebut. Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh beberapa orang tersebut, diketahui bahwa ada yang gagal dan ada pula yang perangkatnya tetap aman meski telah  dicelupkan ke dalam air.

Dari berbegai percobaan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa memang iPhone 6S merupakan salah satu perangkat yang tidak mudah rusak ketika terkena cairan. Akan tetapi, perlu diingat pengguna tidak membawa ponsl tersebut untuk dijatuhkan di kolam atau ember selama beberapa menit. Jika dimasukkan kedalam air dalam durasi waktu yang lama, maka kemungkinan besar smartphone tersebut akan cepat rusak.

Apple pun belum mengonfirmasi kabar yang santer beredar tersebut dan seakan memberikan kode agar pengguna yang membuktikannya sendiri apakah layar iPhone 6S dibuat anti air atau tidak.